Manfaat Buncis Untuk Masalah Keputihan

Manfaat Buncis Untuk Masalah Keputihan

Pernahkah anda mendengar kalau buncis bermanfaat untuk keputihan? Benarkah Manfaat Buncis Untuk Masalah Keputihan bagus? Untuk mengetahui kebenarannya, kita harus cari tahu dulu apa saja sebenarnya manfaat-manfaat yang terkandung pada buncis. Mari kita simak pembahasannya berikut ini!

Manfaat Buncis Untuk Masalah Keputihan

Buncis merupakan tanaman jenis polong-polongan yang cukup familiar di masyarakat, termasuk di Indonesia. Buncis bisa dikategorikan sebagai sayuran, dan sering dijadikan bahan masakan berupa sayur sop. Tanaman buncis dapat tumbuh dalam berbagai iklim, dan banyak ditanam juga di seluruh dunia. Di Indonesia sendiri sudah banyak petani yang gemar membudidayakan buncis.

Sebagai tanaman jenis polong-polongan yang memiliki banyak manfaat, buncis dapat dikonsumsi dalam keadaan masih muda atau dikonsumsi bijinya saja. Sayuran yang satu ini memiliki beberapa varietas yang pada umumnya dapat dibagi menjadi 2 tipe berbeda, yaitu buncis tipe membelit atau merambat, serta buncis tipe tegak atau tidak merambat.

Buncis merupakan sumber protein, vitamin dan mineral yang penting untuk tubuh. Selain itu, buncis juga mengandung nutrisi lain yang dapat berkhasiat sebagai obat untuk berbagai macam penyakit. Terdapat kandungan gum dan pektin yang dapat menurunkan kadar gula darah. Juga terdapat lignin yang berkhasiat untuk mencegah kanker usus besar dan kanker payudara. Kemudian terdapat juga kandungan serat kasar yang sangat berguna untuk melancarkan pencernaan sehingga membantu dalam mengeluarkan zat-zat racun dari dalam tubuh.

Buncis dapat dimanfaatkan mulai dari daunnya, biji dan buahnya untuk sayuran. Kandungan protein yang terdapat pada buncis mampu mengawal metabolisme gula yang ada dalam darah. Agar lebih jelasnya, berikut ini beragam kandungan nutrisi yang terdapat pada buncis, dalam tiap 100 gram.

  • Energi : 35 kkal
  • Protein : 2,4 gr
  • Lemak : 0,2 gr
  • Karbohidrat : 7,7 gr
  • Kalsium : 65 mg
  • Fosfor : 44 mg
  • Zat Besi : 1 mg
  • Vitamin A : 630 IU
  • Vitamin B1 : 0,08 mg
  • Vitamin C : 19 mg

Dengan berbagai kandungan nutrisi tersebut, tidak mengherankan jika buncis memiliki manfaat yang sangat baik untuk kesehatan. Dan agar tidak salah dalam memahami manfaat buncis ini, sebaiknya simak beberapa manfaat buncis untuk kesehatan berikut ini, di antaranya :

  • Meningkatkan imunitas tubuh

Buncis mengandung vitamin A dan vitamin C. Kedua vitamin tersebut merupakan antioksidan yang bermanfaat untuk meningkatkan imunitas tubuh. Antioksidan bersifat menangkal radikal bebas. Antioksidan sebagai penetralisir sifat reaktif radikal bebas dapat mencegah berbagai penyakit, tetapi pengaruhnya akan lebih besar jika antioksidan dikonsumsi dalam bentuk alami seperti pada buncis ini. Penelitian menunjukkan manfaat mengonsumsi sayur yang kaya akan antioksidan memberikan hasil positif untuk melawan dampak buruk radikal bebas.

  • Menjaga kesehatan pencernaan

Buncis kaya akan kandungan serat, sehingga memiliki manfaat kesehatan untuk pencernaan dan menghindarkan hiperglikemia, yaitu kadar gula darah tinggi. Mengonsumsi buncis akan membuat perut terasa kenyang tetapi kalori yang masuk ke dalam tubuh tidak besar. Selain itu, buncis juga baik untuk kesehatan usus. Penelitian menunjukkan bahwa seseorang cukup akan asupan makanan berserat memiliki risiko lebih rendah terkena kanker kolon dibandingkan mereka yang kurang akan asupan makanan berserat.

  • Memperbaiki sel otak

Buncis mengandung vitamin B9 yang diperlukan untuk menyusun dan memperbaiki sel otak yang telah aus. Keausan sel otak dapat menurunkan daya pikir dan menyebabkan timbulnya penyakit alzheimer. Karena itu, untuk mencegah kepikunan di usia dini, memperbanyak konsumsi buncis bisa menjadi pilihan.

  • Menjaga kestabilan gula darah

Buncis juga mengandung vitamin B3 yang cukup tinggi yang bermanfaat untuk menjaga kestabilan kadar gula dan menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah. Kekurangan vitamin B3 dapat membuat tubuh kurang bertenaga, mudah terkena infeksi kulit, memiliki otot yang lemah dan sulit mencerna makanan.

  • Diabetes melitus tipe 2

Buncis mengandung kuersetin dalam flavonoid serta beta sitosterol dan stigmasterol dalam fitosterol, yang merupakan zat yang berpotensi sebagai agen antidiabetik pada pasien diabetes melitus tipe 2.

  • Menekankan kolesterol jahat

Buncis mengandung lemak yang terdiri dari lemak tak jenuh dan lemak jenuh rantai ganda. Lemak nabati tersebut merupakan lemak baik. Lemak tersebut tidak berbahaya bagi kesehatan. Buncis justru memiliki manfaat untuk menurunkan kolesterol total dan kolesterol jahat, serta meningkatkan kolesterol baik.

  • Mencegah penyakit jantung koroner dan stroke

Buncis memiliki kandungan serat yang tinggi, di mana dengan tingginya kandungan serat tersebut dapat membantu mengendalikan kadar kolesterol dalam tubuh. Sehingga manfaatnya bagi tubuh dapat mencegah penyakit jantung koroner serta penyakit stroke.

  • Menjaga kesehatan otot jantung

Buncis mengandung folat yang cukup tinggi. Yang mana folat diperlukan tubuh dalam jumlah kecil, namun memiliki peranan yang sangat besar untuk tubuh. Di mana folat dapat bermanfaat dalam menjaga kesehatan otot jantung. Sehingga bagi penderita kelainan jantung akan memberi manfaat yang baik, dan bisa menjadikan buncis sebagai asupan harian.

  • Mencegah hipertensi

Folat tidak hanya bermanfaat menjaga kesehatan otot jantung, tapi juga bermanfaat mencegah kenaikan tekanan darah atau hipertensi. Folat juga dapat mengurangi efek buruk homosistein.

  • Menjaga kesehatan pembuluh darah

Tubuh membutuhkan asupan vitamin B2 sebagai k-faktor homosistein reduklase. Vitamin B2 bermanfaat untuk menjaga kesehatan pembuluh darah. Manfaatnya akan memperlancar aliran darah ke otak. Buncis juga banyak mengandung zat besi yang dapat membentuk hemoglobin yang bermanfaat untuk membawa oksigen ke seluruh tubuh, sehingga akan mencegah gejala migrain.

  • Mencegah kesemutan

Buncis kaya akan kandungan berbagai macam vitamin dan mineral yang bermanfaat untuk tubuh. Buncis memiliki kandungan vitamin B kompleks. Vitamin B yang dominan adalah vitamin B1 dan B2. Manfaatnya bagi tubuh untuk mengatur sistem saraf. Kesemutan merupakan salah satu gejala yang diakibatkan defisiensi vitamin B kompleks, sehingga manfaat buncis dapat mencegah kesemutan.

Itulah manfaat-manfaat sebenarnya yang terkandung pada buncis. Mengenai Manfaat Buncis Untuk Masalah Keputihan untuk lebih jelasnya sebaiknya ditanyakan langsung pada dokter atau ahli gizi. Sementara itu, untuk mengatasi masalah keputihan ada rekomendasi dari pakar kesehatan reproduksi ternama Indonesia – Boyke Dian Nugraha – yaitu Ladyfem kapsul. OBAT KEPUTIHAN alami yang sudah teruji dan terbukti khasiatnya, sudah banyak testimoninya. Legalitasnya pun tidak perlu diragukan, sudah terjamin dengan terdaftar di BPOM RI dengan nomor registrasi TR093301381.

Baca Juga : Cara Pemesanan Ladyfem

Untuk mengetahui informasi lebih lanjutnya, atau jika anda ingin berkonsultasi, silahkan hubungi kontak dibawah ini :

Telp : (0265) 341113

Telp : 085 793 507 222

SMS/WA/Telp : 085 320 000 874

PIN BB : 25C274D1

Line : zahraherbal

IG : toko_zahraherbal

 

Baca artikel menarik lainnya :

1 thought on “Manfaat Buncis Untuk Masalah Keputihan”

Leave a Comment