Benarkah Jamur Bisa Mengatasi Keputihan? Lihat Disini

Benarkah Jamur Bisa Mengatasi Keputihan?

Jamur ini sudah di konsumsi sejak lama, baik sebagai makanan maupun untuk bahan pembuatan obat tertentu karena tumbuhan ini memang kaya akan nutrisi. Namun Benarkah Jamur Bisa Mengatasi Keputihan? Untuk mengetahui jawaban tersebut mari kita simak ulasannya dibawah ini.

Benarkah Jamur Bisa Mengatasi Keputihan? Lihat Disini

Jamur atau cendawan merupakan tumbuhan yang tidak mempunyai klorofil sehingga bersifat heterotrof. Jamur ada yang uniseluler dan multiseluler. Tubuhnya terdiri dari benang-benang yang disebut hifa. Hifa dapat membentuk anyaman bercabang-cabang yang disebut miselium. Reproduksi jamur, ada yang dengan cara vegetatif ada juga dengan cara generatif. Jamur menyerap zat organik dari lingkungan melalui hifa dan miseliumnya untuk memperoleh makanannya.

Setelah itu, menyimpannya dalam bentuk glikogen. Jamur merupakan konsumen, maka dari itu jamur bergantung pada substrat yang menyediakan karbohidrat, protein, vitamin, dan senyawa kimia lainnya. Semua zat itu diperoleh dari lingkungannya, sebagai makhluk heterotrof, jamur dapat bersifat parasit obligat, parasit fakultatif, atau saprofit.

Kandungan Nutrisi Dan Manfaat Pada Jamur

Kandungan nutrisi pada jamur tergantung dengan jenisnya. Namun secara umum, jamur tergolong rebdah kalori, rendah sodium (garam), bebas lemak dan bebas kolesterol. Selain itu, jamur juga mengandungn protein, vitamin, mineral dan serat. Nah kandungan nutrisi jamur yang dapat membantu mencegah penyakit, diantaranya adalah sebagai berikut:

Tembaga

Tembaga sangat diperlukan untuk membuat sel darah merah, yang digunakan untuk mengirim oksigen ke seluruh tubuh. Mineral inipun juga penting untuk menjaga kesehatan tulang dan saraf. Dalam Satu cangkir jamur dapat memenuhi 1/3 kebutuhan tembaga setiap harinya.

Beta glucan

Beta glucan merupakan komponen gula yang ditemukan pada jamur, ragi, dan gandum. Beta glucan ini juga merupakan sejenis serat terlarut yang diduga dapat menurunkan kadar kolesterol jahat LDL, mengurangi alergi, menekan pertumbuhan sel kanker, dan memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Antioksidan

Jamur yang kaya akan antioksidan sering disebut selenium. Antioksidan dikenal sebagai salah satu zat yang bisa memperlambat penuaan dini. Kandungan Antioksidan ini bekerja dengan cara melindungi tubuh dari kerusakan sel akibat radikal bebas yang dapat menyebabkan kanker dan penyakit jantung. Selain itu juga antioksidan dapat meningkatkan daya tahan tubuh.

Vitamin B

Jamur yang kaya akan vitamin B, seperti niacin (B3), riboflavin (B2), dan asam pantotenat (B5). Niacin baik untuk kesehatan kulit dan sistem pencernaan. Riboflavin dapat membantu pembentukan sel darah merah. Sedangkan asam pantotenat sangat baik untuk sistem saraf dan membantu produksi hormon. Kombinasi dari ketiga vitamin ini mampu membantu melindungi kesehatan jantung.

Protein

Di Dalam secangkir saji atau setara 70 gram jamur, terkandung protein dalam jumlah sekitar 2,2 gram. Jumlah ini memang tidak terlalu tinggi, sehingga asupan proteinpun masih perlu Anda peroleh dari sumber protein lain, seperti telur dan daging. Meski kandungannya yang tidak tinggi, protein di dalam jamur memiliki efek baik untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh dan diduga dapat juga mencegah pertumbuhan sel kanker.

Kalium

Kalium ini sangat penting untuk menjaga kesehatan otot, jantung, kerja saraf, dan membantu ginjal menyaring darah. Kalium (potasium) ini memang belum terbukti dapat mencegah maupun mengobati penyakit jantung. Akan tetapi, kalium dapat menurunkan kadar kolesterol, tekanan darah, dan menormalkan detak jantung, di mana ketiga efek ini akan berpengaruh pada kesehatan jantung.

Vitamin D

Jamur ini mengandung vitamin D yang memiliki andil dalam menjaga kesehatan tulang, jantung, dan membantu penyerapan mineral di dalam tubuh. Penelitian juga menunjukkan bahwa vitamin D memiliki dampak baik dalam membantu mengobati depresi. Namun rekomendasi dosis aman dan bagaimana cara kerja vitamin D dalam mengobati depresi, masih perlu diteliti lebih lanjut.

Jamur dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh

Pada pengobatan tradisional cina, jamur shitake digunakan untuk membuat obat flu. Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa ekstrak jamur shitake dapat melawan virus dan meningkatkan daya tahan tubuh dari infeksi akibat bakteri atau jamur.

Kemudian, jamur shitake dan jamur oyster mengandung beta-glukan, salah satu polisakarida yang membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh. Pada sebuah studi, 52 orang yang mengkonsumsi satu atau dua jamur kering dalam satu bulan, fungsi kekebalan tubuhnya meningkat, dan risiko terjadinya peradangan menjadi berkurang.

Baca Juga : Manfaat Akar Rimpang Untuk Keputihan

Itulah kandungan serta manfaat jamur untuk kesehatan, namun Benarkah Jamur Bisa Mengatasi Keputihan? Jawabannya mungkin iya karena diatas juga terdapat manfaat jamur yang dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh juga bisa melawan virus dan infeksi akibat bakteri atau jamur.

Sementara itu, untuk mengatasi keputihan itu sendiri kini telah hadir rekomendasi dari pakar kesehatan Reproduksi ternama Boyke Dian Nugraha yaitu Obat Herbal Kapsul Ladyfem. Ladyfem merupakan suplemen kapsul herbal yang terbuat dari perpaduan tanaman-tanaman herbal yang mempunyai khasiat bagus dalam mengatasi masalah kewanitaan, sehingga khasiat dari ladyfem pun benar-benar sudah terbukti ampuh mengatasi masalah kewanitaan sampai tuntas. Selain itu anda juga tak perlu takut untuk mengkonsumsi ladyfem karena ladyfem ini telah terdaftar di BPOM dan sangat aman di konsumsi dalam jangka panjang.

Nah untuk mengetahui lebih lengkap mengenai kandungan ladyfem silahkan kunjungi >> Khasiat Lengkap Herbal Ladyfem

Demikianlah artikel untuk kali ini, semoga informasi diatas bisa bermanfaat untuk kita semua terutama bagi yang mengalami masalah keputihan.

Post by : Obat Keputihan

Artikel Menarik Lainnya :

Apakah Buah Ciplukan Bisa Mengobati Turun Peranakan? Simak Disini
Manfaat dan Khasiat Seledri Untuk Mengobati Keputihan
Benarkah Kangkung Bisa Menghilangkan Keputihan? Lihat Disini!
Benarkah Kangkung Bisa Menghilangkan Keputihan? Lihat Disini!

1 thought on “Benarkah Jamur Bisa Mengatasi Keputihan? Lihat Disini”

Leave a Comment