Manfaat dan Khasiat Seledri Untuk Mengobati Keputihan

Manfaat dan Khasiat Seledri Untuk Mengobati Keputihan

Pernahkah anda mendengar kalau Manfaat dan Khasiat Seledri Untuk Mengobati Keputihan bagus? Lalu apakah benar seledri memiliki manfaat dan khasiat yang bagus untuk mengatasi keputihan? Untuk mengetahui jawabannya, kita harus cari tahu dulu apa sebenarnya manfaat dan khasiat seledri ini.

Pengobatan menggunakan tumbuh-tumbuhan (pengobatan tradisional) sudah dikenal jauh sebelum pelayanan kesehatan dengan obat  modern digunakan oleh masyarakat luas. Para ilmuwan saat ini, banyak melakukan penelitian kembali terhadap tumbuhan obat. Obat sintetik yang ada saat ini, beberapa di antaranya ditemukan efek samping dan komplikasi terhadap kesehatan manusia.

Tumbuhan obat yang tumbuh di Indonesia belum banyak dikaji secara ilmiah. Kajian ilmiah ini perlu dilakukan agar dapat dipastikan kebenaran khasiatnya dan diperoleh data ilmiah mengenai komponen aktif dari bahan nabati tersebut. Pemerintah Indonesia juga memberi dukungan terhadap hal ini. Pemerintah Indonesia menargetkan pada tahun 2020 menjadikan Indonesia sebagai produsen nomor satu di dunia dalam industri obat berbasis bahan alami (world first class herbal medicine country).

Salah satu tanaman yang berkhasiat obat adalah seledri. Seledri merupakan tanaman yang banyak dimanfaatkan untuk memperkaya cita rasa sajian dan sebagai sayuran. Meski demikian, seledri telah ditanam guna keperluan pengobatan sejak 850 sebelum masehi (SM). Biji tanaman asli lembah sungai Mediteranian ini digunakan oleh tabib Ayurveda kuno untuk mengobati demam, flu, penyakit pencernaan, nyeri sendi, penyakit limpa dan hati. Secara tradisional, seledri banyak digunakan sebagai penurun panas tubuh, penurun tekanan darah, penyubur rambut, mengatasi susah tidur, memperlancar pengeluaran air seni dan mengobati keputihan. Buahnya merupakan salahsatu obat keputihan yang digunakan secara empiris oleh bangsa Indonesia.

Penelitian yang dilakukan oleh Santosa dkk menunjukkan bahwa buah seledri mempunyai efek antijamur terhadap Candida albicans (C. albicans). Penelitian ini menggunakan buah seledri dalam bentuk ekstrak dan minyak atsiri.

Senyawa aktif yang diduga memiliki efek antijamur terhadap C. albicans adalah apigenin dan minyak atsirinya. Apigenin merupakan senyawa yang larut dalam air, sehingga air perasan daun seledri diduga memiliki efek antijamur terhadap C. albicans karena apigenin juga terkandung dalam daun seledri.

Pembuatan air perasan daun seledri tidak memerlukan alat yang mahal dan rumit bila dibandingkan dengan pembuatan ekstrak, infusa dan minyak atsiri. Hal ini menjadi salah satu alasan peneliti memilih air perasan. Penelitian pendahuluan yang dilakukan oleh peneliti menunjukkan bahwa air perasan daun seledri pada konsentrasi 100% dapat menghambat pertumbuhan C. albicans dengan diameter daerah bening sebesar 7,5 mm.

Candida spp merupakan jamur komensal pada manusia dan dapat menjadi patogen pada keadaan tertentu, misalnya ketika imunitas tubuh menurun dan saat hamil. Hal ini selalu dikaitkan dengan penggunaan obat imunosupresif, antibiotik dan infeksi human immunodeficiency virus (HIV). Penyakit yang ditimbulkannya disebut kandidiasis. C. albicans merupakan penyebab tersering dari kandidiasis vulvovaginal,  thrush, onychomycosis, diaper rash dan intertrigo. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Wabaleet al terhadap 50 pasien HIV seropositif dengan thrush dan 30 pasien HIV seronegatif dengan thrush, diperoleh isolasi C. albicans dalam persentase terbesar. C. albicans juga merupakan penyebab terbesar onychomycosis, berdasarkan penelitian secara retrospektif yang dilakukan oleh Elizabethet al. Sugito juga melakukan penelitian terhadap penderita diaper rash menunjukkan C. albicans sebagai penyebab infeksi terbesar. Penelitian yang dilakukan oleh Lestringant et al menunjukkan bahwa C. albicans merupakan mikroorganisme terbanyak yang berhasil diisolasi dari penderita toe web intertrigo.

Resistensi obat, khususnya resistensi antijamur, merupakan masalah di dalam dunia kedokteran. C. albicans telah mengalami resistensi terhadap beberapa antijamur, seperti mikonazol, itrakonazol, amfoterisin B dan flukonazol. Menemukan obat baru dari tanaman obat merupakan salah satu solusi terhadap masalah tersebut.

Berdasarkan alasan-alasan di atas, maka peneliti tertarik melakukan penelitian mengenai aktivitas antijamur air perasan daun seledri (Apium graveolens L.) terhadap C. albicans.

METODE

Bahan dan Alat Penelitian

Bahan yang dipergunakan dalam penelitian antara lain, air perasan daun   seledri sebagai bahan uji yang berasal dari seledri daun (A.graveolens L. var secalium Alef.) yang berumur 2-4 bulan, C. albicans, agar sabouraud dekstrosa, agar darah, ketokonazol 2%, aquadest, NaCl 0,9%, McFarland 0,5 dan asam tioglikolat. Peralatan yang dipergunakan dalam penelitian antara lain kain flanel, tabung reaksi, cawan petri, gelas beker, gelas ukur, pipet ukur, blender, cakram, otoklaf, oven (lemari pengering), inkubator, pipet steril, lampu spiritus, korek api, ose, pinset, spidol, kertas tempelan, lidi kapas steril, penggaris, sartorius filter cellulose dan laminar flow.

Itulah hasil penelitian mengenai manfaat dan khasiat daun seledri yang diyakini memiliki sifat antijamur yang mana khasiatnya tersebut diyakini mampu mengatasi masalah keputihan. Jadi, Manfaat dan Khasiat Seledri Untuk Mengobati Keputihan ternyata memang bagus. Untuk itu, buat para wanita yang mengalami masalah keputihan, anda bisa memanfaatkan seledri ini untuk mengatasi keputihan.

Sementara itu, untuk mengatasi keputihan juga ada rekomendasi dari pakar kesehatan reproduksi ternama Indonesia – Boyke Dian Nugraha – yaitu Ladyfem kapsul. OBAT KEPUTIHAN alami yang sudah teruji dan terbukti khasiatnya, sudah banyak testimoninya. Dan legalitasnya pun tidak perlu diragukan, sudah terjamin dengan terdaftar di BPOM RI dengan nomor registrasi TR093301381.

Baca Juga : Cara Pemesanan Ladyfem

Obat Keputihan

Untuk mengetahui informasi lebih lanjutnya, atau jika anda ingin berkonsultasi, silahkan hubungi kontak dibawah ini :

Telp : (0265) 341113

Telp : 085 793 507 222

SMS/WA/Telp : 085 320 000 874

PIN BB : 25C274D1

Line : zahraherbal

IG : toko_zahraherbal

Baca artikel menarik lainnya :

1 thought on “Manfaat dan Khasiat Seledri Untuk Mengobati Keputihan”

Leave a Comment