Mengenali dan Cara Mengatasi Keputihan Tidak Normal

Mengenali dan Cara Mengatasi Keputihan Tidak Normal

Bagi para wanita, Mengenali dan Cara Mengatasi Keputihan Tidak Normal merupakan hal yang penting. Karena keputihan adalah permasalahan umum yang sering menimpa wanita. Dan keputihan tidak normal atau keputihan patologis umumnya merupakan gejala suatu penyakit yang perlu mendapatkan penanganan segera. Simak pembahasannya berikut ini!

Mengenali dan Cara Mengatasi Keputihan Tidak Normal

Keputihan adalah keluarnya cairan tubuh dari vagina. Secara alami, keputihan memang terjadi pada saat seorang wanita mengalami perubahan sesuai dengan siklus menstruasi. Cairan yang keluar biasanya berupa cairan kental dan lengket pada seluruh siklus, namun saat terjadi ovulasi biasanya cairannya akan lebih cair dan bening. Keputihan lebih sering terjadi pada wanita saat hamil, saat stres, atau saat aktivitas seksual. Namun, bisa juga terjadi yang disebut keputihan patologis atau keputihan tidak normal. Keputihan ini biasanya disebabkan oleh infeksi dan non-infeksi. Nah bagi para wanita, penting untuk mengenali keputihan tidak normal ini, dan mengetahui bagaimana cara yang perlu dilakukan untuk mengatasinya.

Mengenali keputihan tidak normal tidak terlalu sulit. Anda bisa mengenalinya melalui gejala yang terjadi. Di mana keputihan tidak normal bisa anda lihat dari warna, volume, konsistensi, dan juga bau yang tidak seperti biasanya. Selain itu, keputihan tidak normal juga biasanya disertai gejala lain yang terjadi sebelum atau bersamaan atau bahkan setelah keluarnya keputihan.

Keputihan tidak normal akan menunjukkan beberapa perubahan warna, kekentalan, dan bau untuk menunjukkan mikroorganisme penyebabnya. Nah, berikut ini cara yang bisa anda lakukan untuk mengenali keputihan tidak normal ini, di antaranta :

  • Perhatikan kondisi keputihan

Kondisi cairan vagina menjadi kunci penting membedakan penyebab keputihan. Pada keputihan yang disebabkan oleh infeksi bakteri, cairan yang keluar biasanya berwarna putih hingga keabu-abuan dan homogen. Jumlah cairannya yang keluar sangat banyak dan lengket, sehingga mudah menempel dan meninggalkan bekas pada pakaian dalam. Dinding vagina juga dipenuhi oleh lapisan keputihan. Sedangkan keputihan yang disebabkan infeksi jamur ditandai dengan cairan keputihan yang kental seperti gumpalan susu atau keju. Cairannya berwarna putih kekuningan, yang awalnya berjumlah sedikit, kemudian cairan keputihannya semakin banyak saat bertambah parah kondisinya. Sedangkan pada keputihan yang disebabkan infeksi parasit agak beda keputihannya. Warna cairan keputihannya kuning kehijauan, lengket, dan jumlahnya semakin sedikit tiap harinya, dan terkadang terlihat busa pada keputihannya.

  • Perhatikan bau keputihan

Keputihan normal tidak menimbulkan bau, namun keputihan tidak normal sering menimbulkan bau yang khas, bahkan bau yang tajam. Keputihan tidak yang disebabkan oleh infeksi bakteri biasanya menimbulkan bau amis, sementara keputihan yang disebabkan oleh infeksi jamur terkadang tidak menimbulkan bau. Dan bau yang paling khas adalah pada keputihan yang disebabkan oleh infeksi parasit. Di mana keputihan yang satu ini menimbulkan bau busuk dan semakin parah saat melakukan hubungan seksual. Dan biasanya pasangannya pun akan mengeluhkan bau tersebut.

  • Gejala yang menyertai keputihan

Gejala yang menyertai keputihan juga bisa menjadi penanda untuk mengenali keputihan tidak normal. Pada keputihan yang disebabkan oleh infeksi bakteri, gejala yang menyertainya yang paling sering terjadi adalah rasa gatal. Sementara pada keputihan yang disebabkan oleh infeksi jamur, gejala yang menyertainya biasanya berupa rasa panas pada vagina, dan lebih parah dialami wanita hamil karena kondisi organ kewanitaannya biasanya lebih lembap, sehingga jamur semakin banyak. Sedangkan keputihan yang disebabkan oleh parasit, gejala yang menyertainya biasanya tidak terlihat pada fase awal. Namun jika sudah fase lanjut, gejala menyertanya lebih banyak, di antaranya adalah gatal pada vagina, nyeri saat berhubungan seksual, dan nyeri saat buang air.

Lalu Bagaimana Cara Mengatasi Keputihan Tidak Normal?

Jika anda mengalami keputihan tidak normal, sebaiknya konsultasikan masalah tersebut ke dokter untuk mendeteksi riwayat kesehatan vagina anda. Sebab untuk mengatasi keputihan, sebenarnya tergantung pada penyebabnya. Namun, berikut ini ada beberapa cara pencegahan yang bisa anda lakukan di rumah untuk mengatasi keputihan tidak normal, yaitu :

  • Menggunakan cairan antiseptik khusus untuk kewanitaan yang mengandung povidone – iodine saat menstruasi untuk membersihkan vagina bagian luar, untuk mencegah supaya tidak mengalami keputihan tidak normal setelahnya.
  • Menggunakan alat kontrasepsi kondom jika ingin berhubungan seksual selama menjalani pengobatan keputihan, atau menunggu seminggu terlebih dahulu, baru boleh berhubungan seksual. Agar mencegah penularan penyakit seksual.
  • Bersihkan vagina, serta pastikan bagian vagina dan selangkangan tetap kering, agar terhindar dari kelembapan.
  • Bersihkan vagina dengan benar setelah buang air kecil, yakni dari arah depan (vagina) ke belankang (anus), untuk mencegah bakteri dari anus terbawa masuk ke dalam vagina.
  • Menggunakan celana dalam yang terbuat dari % katun dan menghindari penggunaan celana yang terlalu ketat.

Itulah Mengenali dan Cara Mengatasi Keputihan Tidak Normal yang harus diketahui oleh para wanita. Dan untuk mengatasi keputihan, ada rekomendasi yang bagus dari pakar kesehatan reproduksi ternama Indonesia – Boyke Dian Nugraha – yaitu Ladyfem Kapsul. Obat alami keputihan yang sudah teruji dan terbukti khasiatnya, sudah banyak testimoninya. Dan legalitasnya pun sudah terjamin dengan terdaftar di BPOM RI.

Baca Juga : Cara Pemesanan Herbal Ladyfem

Obat Keputihan

Untuk mengetahui informasi lebih lanjutnya, atau jika anda ingin berkonsultasi, silahkan hubungi kontak dibawah ini :

Telp : (0265) 341113

Telp : 085 793 507 222

SMS/WA/Telp : 085 320 000 874

PIN BB : 25C274D1

Line : zahraherbal

IG : toko_zahraherbal

Posted by : Admin OBAT KEPUTIHAN

 

Baca artikel menarik lainnya :

Manfaat Akar Rimpang Untuk Keputihan
Manfaat Akar Rimpang Untuk Keputihan
Manfaat Daun Sambiloto Untuk Mengobati Keputihan
Apakah Benar Nanas Dapat Menyebabkan Keputihan
Apakah Benar Nanas Dapat Menyebabkan Keputihan?
Manfaat Rebung Untuk Turun Peranakan

Leave a Comment