Manfaat Akar Rimpang Untuk Keputihan

Manfaat Akar Rimpang Untuk Keputihan

Benarkah Manfaat Akar Rimpang Untuk Keputihan bagus? Untuk menghilangkan rasa penasarannya, mari kita simak pembahasan lengkapnya berikut ini! Tapi sebelumnya, kita harus tahu dulu apa itu akar rimpang ini dan apa saja manfaat sebenarnya dari akar rimpang ini.

Manfaat Akar Rimpang Untuk Keputihan

Akar rimpang juga dikenal sebagai umbi akar dari tanaman bunga kana atau bunga tasbih. Akar dari tanaman kana disebut rimpang (geragih), batangnya mengandung air (herbaceous) dan terbentuk dari pelepah-pelepah daun yang saling menutupi satu sama lain sehingga disebut “batang palsu”. Dan akar rimpang ini merupakan salah satu herbal yang dapat anda gunakan sebagai obat keputihan alami.

Bunga kana adalah tanaman perdu tropis asal Amerika. Di Indonesia, bunga kana dijuluki dengan bunga tasbih, karena bunganya memiliki biji-biji kecil bertekstur keras yang dapat dibuat menjadi tasbih. Tanaman ini memiliki batang berair yang tumbuh tegak mencapai 2 meter, kadang disebut batang semu karena batangnya terbentuk dari pelepah-pelepah daunnya.

Permukaan daunnya yang melebar dan besar-besar bertepi runcing berwarna hijau tua, sedangkan permukaan bawahnya seperti ditutupi bubuk putih bedak atau bubuk terigu.Bunga kana memiliki akar yang berimpang seperti umbi ubi. Dan yang menjadi poin utama dari tanaman ini tentu saja bunganya. 3 sampai 5 kelopak indah merekah tersusun membentuk tandan. Warnanya bervariasi mulai dari merah , orange, kuning terang, merah muda dan kuning dengan corak warna coklat, juga beberapa kombinasi warna lainnya. Silahkan lihat koleksi tanaman bunga kana yang kami sediakan di sini!

Biasanya bunga ini tumbuh liar di pinggir sungai atau bahkan di dalam hutan. Namun tidak jarang juga ditemukan berjejer menghiasi pekarangan rumah. Karena tanaman ini tumbuh kokoh dengan bunga besar mempesona, ada beberapa kota di Indonesia yang menjadikannya sebagai ornamen taman kota dan tanaman penghias sepanjang jalan. Tidak hanya mempesona dari segi tampilan, bunga inipun dapat diandalkan sebagai tanaman obat karena memiliki banyak khasiat mujarab bagi kesehatan. Bagian tanaman yang digunakan adalah umbi atau rimpang juga bunganya.

Adapun masalah kesehatan yang dapat ditangani oleh tanaman ini adalah sebagai berikut :

  • Menghentikan keputihan

Seorang herbalis dari jakarta, Yellia Mangan, mengatakan bahwa rimpang atau umbi dari bunga kana lebih berkhasiat menuntaskan keputihan dibanding dengan daun sirih. (Baca juga artikel tentang manfaat daun sirih untuk keputihan).

Cara pengolahannnya cukup dengan menyediakan umbi bunga kana,beras ketan dan daging ayam masing-masing 30 gram. Setelah itu cuci bersih semua bahan tersebut dan iris tipis untuk penggunaan umbi bunga kana juga daging ayamnya. Rendam seluruh bahan tersebut di dalam wadah mangkok dengan air. Lalu direbus atau di tim. Setelah matang, bisa Anda konsumsi. Konsumsilah setiap hari secara rutin.

  • Mengobati wasir

Caranya dengan mengambil sedikit umbi dari bunga kana. Cuci bersih lalu irislah dan didihkan bersama 3 gelas air. Tunggu hingga air rebusan awal tersisa segelas. Setelah itu dinginkan dan saringlah. Minum air rebusan tersebut secara rutin selama pagi dan sore. perlu diperhatikan untuk setiap kali minum, hanya setengah gelas saja.

  • Mengobati hepatitis

Umbi atau rimpang bunga kana sebanyak 60 sampai 120 gram di iris tipis-tipis dan direbus bersama dengan 3 gelas air. Setelah mendidih dan hanya menyisakan satu gelas saja, angkat dan dinginkan kemudian saring ampasnya. Minum air hasil saringanya ini selama 47 hari pagi dan sore dengan takaran 3/4 gelas dalam sehari. Setelah mengkonsumsinya selama seminggu, biasanya dapat dilihat perubahannya pada area kulit juga mata yang berwarna kuning perlahan-lahan akan memudar.

  • Mengatasi haid yang berlebih

Bagian tanaman kana yang digunakan adalah bunganya. Caranya dengan merebus 10 sampai 15 gram bunga kana segar dengan 2 gelas air. Setelah mendidih dan airnya berkurang segelas dari air rebusan awal, dinginkan dan saring. Minumlah airnya sebanyak 2 samapi 3 kali sehari.

  • Melindungi hati

Sebuah riset dari yang menyatakan efek farmalogis dari umbi bunga kana yang telah dicobakan pada binatang menunjukkan bahwa umbi kana dapat melindungi sel hati dari kerusakan.

  • Menurunkan demam

Cara pengolahannya dengan merebus rimpang atau umbi kana. Tapi rimpangnya kadang dikeringkan dan dibuat bubuk, setelah menjadi bubuk maka mudah untuk diseduh bersama air panas dan diminum dalam keadaan hangat. Rasanya tidak pahit karena rimpang kana sendiri memiliki cita rasa yang manis.

Mengenai Manfaat Akar Rimpang Untuk Keputihan perlu ditanyakan lebih lanjut ke dokter biar lebih jelasnya. Namun untuk mengatasi keputihan, ada rekomendasi yang bagus dari pakar kesehatan reproduksi ternama Indonesia – Boyke Dian Nugraha – yaitu Ladyfem Kapsul. OBAT KEPUTIHAN alami yang sudah teruji dan terbukti khasiatnya, sudah banyak testimoninya. Dan legalitasnya pun sudah terjamin dengan terdaftar di BPOM RI.

Baca Juga : Legalitas Obat Alami Ladyfem

Untuk mengetahui informasi lebih lanjutnya, atau jika anda ingin berkonsultasi, silahkan hubungi kontak dibawah ini :

Telp : (0265) 341113

Telp : 085 793 507 222

SMS/WA/Telp : 085 320 000 874

PIN BB : 25C274D1

Line : zahraherbal

IG : toko_zahraherbal

 

Baca artikel menarik lainnya :

Manfaat Daun Sambiloto Untuk Mengobati Keputihan
Aturan Mengkonsumsi Bawang Putih Untuk Keputihan
Aturan Mengkonsumsi Bawang Putih Untuk Keputihan
Bahaya Tape Singkong Untuk Penderita Keputihan
Bahaya Tape Singkong Untuk Penderita Keputihan
Macam Macam Buah Yang Bisa Mengobati Kanker Payudara

2 thoughts on “Manfaat Akar Rimpang Untuk Keputihan”

  1. Pingback: My Homepage

Leave a Comment