Khasiat Bawang Bombay Untuk Penyakit Keputihan

Khasiat Bawang Bombay Untuk Penyakit Keputihan

Pernah mendengar kalau bawang bombay berkhasiat untuk keputihan pada wanita? Penasaran dengan Khasiat Bawang Bombay Untuk Penyakit Keputihan? Mari kita cari tau kebenarannya dalam pembahasan berikut ini mengenai kandungan bawang bombay dan khasiat sesungguhnya pada bawang bombay!

Khasiat Bawang Bombay Untuk Penyakit Keputihan

Bawang bombay atau bawang bombai merupakan salah satu jenis tanaman yang biasa dimanfaatkan sebagai bumbu dapur. Bawang bombay memiliki nama latin Allium Cepa. Bawang ini dinamakan bawang bombay karena bawang ini sering dibawa dari kota Bombay oleh para pedagang India. Meski sebenarnya bawang ini tidak berasal dari negara India, melainkan berasal dari kawasan Asia Tengah.

Bawang bombay biasanya dijadikan sebagai bumbu tambahan makanan. Tidak jarang dari kita yang menggunakan bawang ini sebagai bahan pelengkap mengingat rasanya yang khas. Disamping itu juga bawang bombay memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan, dan juga berkhasiat untuk memaksimalkan kecantikan.

Bawang bombay merupakan salah satu bahan makanan yang tergolong rendah kalori. Bawang ini kaya akan kandungan mineral, vitamin dan antioksidan. Dan berikut ini adalah kandungan lengkap pada bawang bombay dalam setiap 100 gram.

  • Air : 87.5 gram
  • Energi : 43 kal
  • Protein : 1,4 gram
  • Serat : 2 gram
  • Karbohidrat : 10,3 gram
  • Lemak : 0,2 gram
  • Vitamin C : 9 mg
  • Vitamin B2 : 0,21 mcg
  • Kalsium : 32 mg
  • Kalium : 9,6 mg
  • Zinc : 0,3 mg
  • Besi : 0,5 mg
  • Karoten total : 50 mcg
  • Natrium : 12 mg

Dengan beragam kandungan tersebut, tak heran bila bawang bombay memiliki banyak khasiat yang baik untuk kesehatan. Tapi benarkah khasiat bawang bombay ini mampu membantu mengatasi masalah keputihan pada wanita? Agar tidak salah, kami berikan rincian penjelasannya mengenai beberapa khasiat bawang bombay. Berikut ini informasinya.

  • Menguatkan kekebalan tubuh

Manfaat bawang bombay juga sebagai penguat sistem imunitas tubuh. Polifenol dalam bawang bombay bertindak sebagai antioksidan, melindungi tubuh dari radikal bebas. Berkurangnya tumpukan radikal bebas dalam tubuh dapat membantu mendorong sistem kekebalan tubuh menjadi semakin kuat. Quercetin pada bawang juga bantu mengurangi reaksi alergi dengan menghentikan tubuh memproduksi histamin, yang membuat Anda bersin, menangani, dan gatal.

  • Kesehatan jantung

Bawang bombay memiliki manfaat sangat baik untuk kesehatan jantung dan pembuluh darah. Dari menjaga tekanan darah, hingga menurunkan risiko terjadinya serangan jantung. Hal ini karena adanya kandungan kalium dalam bawang bombay yang memiliki efek penurun tekanan darah. Quercetin, salah satu jenis flavonoid dalam bawang bombay juga membantu kalium menjaga tekanan darah dan meningkatkan kesehatan jantung secara keseluruhan.

  • Menjaga fungsi sistem pencernaan

Serat dalam bawang bombay membuat kerja sistem pencernaan berfungsi dengan baik. Bawang bombay mengandung jenis serat khusus, yakni serat larut yang disebut dengan oligofructose. Serat ini yang mendorong pertumbuhan bakteri baik di usus. Oligofruktosa ini juga dibutuhkan untuk membantu mencegah dan mengobati diare.

  • Menjaga kadar gula darah

Kromium yang terdapat dalam bawang bombay memiliki peran membantu mengatur kadar gula darah. Sulfur dalam bawang bombay membantu menurunkan gula darah dan memicu peningkatan produksi insulin. Sebuah studi menyatakan bahwa bawang bombay sangat berguna untuk orang-orang dengan diabetes. Orang dengan diabetes tipe 1 dan tipe 2 yang makan bawang bombay (berwarna merah) dalam penelitian ini menunjukan kadar gula darah yang lebih rendah hingga 4 jam kedepan.

  • Menjaga mood

Folat yang ditemukan dalam bawang bombay ternyata juga bisa mengurangi gejala depresi dilansir dalam laman Medical News Today. Folat mengurangi terbentuknya homosistein, senyawa yang bisa mencegah darah dan zat gizi mencapai otak dengan optimal. Dengan menekan produksi homosistein tersebut, artinya zat kimia di otak seperti serotonin, dopamin, dan norepinefrin bisa diproduksi dengan lancar. Produksi yang lancar zat kimiawi otak ini membuat otak lebih optimal mengatur suasana hati, siklus tidur, dan juga nafsu makan.

  • Mencegah terjadinya kanker

Manfaat bawang bombay lainnya adalah sebagai pencegah kanker. Bawang bombay masuk ke dalam kelompok sayuran allium. Sayuran allium ini memiliki keutamaan mencegah kanker terutama kanker perut dan kanker usus besar, karena senyawa organosulfur di dalamnya yang sangat tinggi. Namun mekanisme tepatnya bagaimana organosulfur menghambat pertumbuhan sel kanker masih belum diketahui, yang pasti pada dasarnya senyawa ini berperan penting mencegah pembentukan radikal bebas dalam tubuh.

Bawang bombay juga merupakan sumber antioksidan dari vitamin C yang sangat kuat. Kondisi ini membuat bawang bombay memiliki kekuatan yang besar untuk menangkal radikal bebas yang memicu kanker. Selain itu, bawang bombay juga dikenal dengan kandungan quercetinnya. Quercetin merupakan agen anti kanker yang kuat.

Orang yang makan bawang bombay menyerap dua kali lebih banyak quercetin dibandingkan mereka yang minum teh, tiga kali lebih banyak dibandingkan mereka yang makan apel. Apalagi pada bawang bombay yang merah, kandungan quercetinnya paling tinggi. Bawang bombay juga dapat membantu menangani efek samping dari pengobatan kanker. Sebuah studi tauhn 2016 dalam Integrative Cancer Therapies menemukan bahwa mengonsumsi bawang bombay segar membantu mengurang terjadinya resistensi insulin dan hiperglikemia pada pasien kanker payudara yang sedang menjalani kemoterapi. Seperti yang sering terjadi, kemoterapi kanker payudara biasanya menimbulkan efek samping ini.

Itulah berbagai khasiat bawang bombay untuk kesehatan yang bisa kita peroleh dari mengonsumsi bawang bombay. Sementara mengenai Khasiat Bawang Bombay Untuk Penyakit Keputihan perlu ditanyakan lebih lanjut ke dokter atau ahli gizi untuk lebih jelasnya. Tapi untuk mengatasi keputihan, ada rekomendasi bagus dari pakar kesehatan reproduksi ternama Indonesia – Boyke Dian Nugraha – yaitu Ladyfem Kapsul, yang sudah teruji dan terbukti khasiatnya dalam mengatasi keputihan, dan sudah banyak testimoninya, serta sudah terdaftar juga di BPOM RI.

Baca Juga : Testimoni Mujarab Dari Ladyfem Kapsul

Untuk mengetahui informasi lebih lanjutnya, atau jika anda ingin berkonsultasi, silahkan hubungi kontak dibawah ini :

Telp : (0265) 341113

Telp : 085 793 507 222

SMS/WA/Telp : 085 320 000 874

PIN BB : 25C274D1

Line : zahraherbal

IG : toko_zahraherbal

Posted by : Admin OBAT KEPUTIHAN

 

Baca artikel menarik lainnya :

Manfaat Buah Naga Untuk Masalah Keputihan
Manfaat Buah Naga Untuk Masalah Keputihan
Manfaat Buah Cranberries Untuk Masalah Keputihan
Manfaat Buah Cranberries Untuk Masalah Keputihan
Manfaat Dan Khasiat Biji Fenugreek Untuk Keputihan
Manfaat Dan Khasiat Biji Fenugreek Untuk Keputihan
Manfaat Timun Untuk Kesehatan dan Untuk Turun Peranakan

Leave a Comment