Benarkah Mengkonsumsi Jahe Hangat Bisa Mengobati Keputihan?

Benarkah Mengkonsumsi Jahe Hangat Bisa Mengobati Keputihan?

Kita pasti sudah mengenali rempah yang satu ini yaitu jahe, jahe ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan sering di jadikan sebagai ramuan tradisional. Akan tetapi Benarkah Mengkonsumsi Jahe Hangat Bisa Mengobati Keputihan? Nah untuk mengetahui kandungan jahe untuk keputihan, mari kita sama-sama simak ulasannya di bawah ini.

Benarkah Mengkonsumsi Jahe Hangat Bisa Mengobati Keputihan?

Jahe (Zingiber officinale), adalah tanaman rimpang yang sangat populer sebagai rempah-rempah dan bahan obat. Rimpangnya berbentuk jemari yang menggembung di ruas-ruas tengah. Rasa dominan pedas disebabkan senyawa keton bernama zingeron.

Jahe termasuk suku Zingiberaceae (temu-temuan). Nama ilmiah jahe diberikan oleh William Roxburgh dari kata Yunani zingiberi, dari Bahasa Sanskerta, singaberi.

Kandungan Gizi yang Terdapat pada Jahe

Informasi Rinci Komposisi Kandungan Nutrisi/Gizi Pada Jahe : Banyaknya Jahe yang diteliti (Food Weight) = 100 gr

  • Jumlah Kandungan Lemak Jahe = 1 gr
  • Jumlah Kandungan Energi Jahe = 51 kkal
  • Jumlah Kandungan Protein Jahe = 1,5 gr
  • Jumlah Kandungan Kalsium Jahe = 21 mg
  • Jumlah Kandungan Fosfor Jahe = 39 mg
  • Jumlah Kandungan Zat Besi Jahe = 2 mg
  • Jumlah Kandungan Vitamin A Jahe = 30 IU
  • Jumlah Kandungan Vitamin C Jahe = 4 mg
  • Jumlah Kandungan Karbohidrat Jahe = 10,1 gr
  • Jumlah Kandungan Vitamin B1 Jahe = 0,02 mg
  • Bagian Jahe yang dapat dikonsumsi (Bdd / Food Edible) = 97 %

Beragam manfaat jahe untuk kesehatan, diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Membantu mencegah Penyakit Kanker

Beberapa penelitian menunjukan bahwa Jahe memiliki senyawa yang dapat menghambat pertumbuhan dan pengembangbiakan sel kanker pada usus besar dan sel-sel kanker pada lambung, pankreas dan kanker hati.

  • Memperlancar Sistem Pencernaan

Jahe memiliki banyak khasiat dan manfaat dalam membantu kelancaran sistem pencernaan terutama dalam hal membersihkan usus besar, memperlancar buang air besar dan membuang gas yang beracun. Karena memiliki khasiat-khasiat ini, Jahe sering dijadikan obat alami dalam mengobati penyakit asam lambung (GERD) dan Sembelit.

  • Meredakan Rasa Mual

Penelitian menunjukan bahwa beberapa Kandungan yang terdapat didalam Jahe dapat secara efektif meredakan rasa mual seperti morning sickness, mabuk perjalanan dan mual pasca operasi.

  • Mengendalikan Tekanan Darah dan Kadar Kolesterol

Senyawa tumbuhan tertentu yang terkandung di dalam Jahe dapat membantu mengurangi hipertensi atau tekanan darah tinggi dengan cara mencegah gumpalan darah terbentuk di arteri dan pembuluh darah. Kandungan dalam Jahe tersebut juga dapat menurunkan kadar kolesterol  darah secara keseluruhan terutama kadar kolesterol LDL yang biasanya kita sebut dengan kolesterol jahat.

  • Menghilangkan Bau Mulut

Air Jahe terhitung sanggup menyingkirkan bau mulut. Vitamin C yang terkandung didalam Jahe ini sanggup membunuh bakteri di mulut yang membawa dampak bau mulut. Caranya adalah bersama menggabungkan satu sendok air jahe ke dalam air hangat dan kumur sepanjang lebih dari satu menit.

  • Mengurangi Pembengkakan dan Peradangan

Gingerol yang dikandung oleh Jahe merupakan senyawa anti peradangan atau anti-inflamasi yang terlampau ampuh. Kandungan selanjutnya sanggup mengurangi tanda-tanda pembengkakan dan peradangan serta meredakan rasa nyeri di sendi dan otot.

Itulah beragam manfaat serta kandungan jahe untuk kesehatan, dan berikut ini merupakan ulasan mengenai kandungan jahe yang dapat mengatasi keputihan, berikut ulasannya.

Dalam jahe terdapat zat fitokimia yang bermanfaat sebagai analgenesik, anti-peradangan, anti-bakteri yang bermanfaat untuk mengatasi keputihan secara alami takaran ini bakal menolong melawan bakteri penyebab keputihan lebih-lebih dapat termasuk menolong melawan bakteri jahat yang berkembang di organ kewanitaan (Vagina). Ada juga kandungan yang dapat menangkal radikal bebas dan juga vitamin B5, vitamin B6, shaogol, chineol, farnesene, dan juga takaran lainnya.

Jahe termasuk bermanfaat untuk mencegah stres dimana stres termasuk merupakan penyebab terjadinya keputihan, ini sebab jahe mempunyai aroma yang khas yang dapat menenangkan jiwa dan juga turunkan stres dan tegang.

Alice Mackintosh seorang ahli gizi menyatakan bila di dalam jahe terdapat kandungan antioksidan yang kuat berupa gingerol yang berfungsi untuk membasmi zat kimia berbahaya yang ada di dalam tubuh kita. Dimana zat kimia berbahaya yang ada di dalam tubuh ini berkontribusi pada peningkatan resiko stres pada seseorang.

Tanaman jahe juga dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh kita agar tubuh tidak mudah sakit, ini karena kandungan vitamin C, magnesium serta zat-zat antioksidan lainnya.

Jahe juga bermanfaat untuk meredakan rasa sakit ketika kita mengalami menstruasi, wanita yang sering mengalami nyeri pada perut ataupun punggung ketika menstruasi disarankan untuk mengkonsumsi minuman jahe. Karena dalam sebuah penelitian yang membandingkan minuman jahe serta obat pereda sakit saat menstruasi didapat hasil bila mengkonsumsi air jahe sebanyak 3 kali dalam sehari saat menstruasi mengalami rasa sakit yang lebih rendah dibanding dengan wanita yang mengkonsumsi obat pereda rasa sakit.

Baca Juga : Manfaat Bawang Putih Untuk Keputihan

Berikut Cara Mengolah Jahe Untuk Mengatasi Keputihan

Bahan

  • 1 ruas jahe ukuran kecil.
  • 1 gelas air minum.
  • Gula atau madu secukupnya.

Cara membuat

  • Rebus satu ruas kecil jahe segar dengan satu gelas air minum.
  • Tunggu hingga mendidih.
  • Setelah mendidih angkat kemudian saring.
  • Minum selagi masih hangat.
  • Anda bisa menambahkan gula maupun madu agar terasa lebih enak.

Nah itulah khasiat serta manfaat jahe untuk keputihan, jadi Benarkah Mengkonsumsi Jahe Hangat Bisa Mengobati Keputihan? Iya benar, dengan mengkonsumsi rutin ramuan jahe tersebut keputihan akan berangsur membaik.

Akan tetapi selain itu, agar mempermudah anda untuk mengatasi keputihan kini khasiat jahe telah ada dalam salah satu produk yang dapat mengatasi keputihan sampai tuntas yaitu LADYFEM. Ladyfem merupakan salah satu produk yang di rekomendasikan langsung oleh pakar kesehatan ternama Boyke Dian Nugraha dan telah teruji klinis oleh para ahli serta telah terdaftar di BPOM sehingga aman untuk anda gunakan.

Nah untuk lebih jelas dan lengkapnya silahkan kunjungi : Legalitas Resmi Herbal Ladyfem

Demikianlah artikel untuk kali ini, semoga informasi diatas bisa bermanfaat untuk kita semua sehingga bisa mengatasi keputihan sampai sembuh total.

Post by : Obat Keputihan

Artikel Menarik Lainnya :

Benarkah Akar Mawar Bisa Mengatasi Keputihan
Benarkah Akar Mawar Bisa Mengatasi Keputihan
Manfaat Biji Mangga Untuk Keputihan
Manfaat Biji Mangga Untuk Keputihan
Manfaat Apel Untuk Menghilangkan Kanker Payudara

1 thought on “Benarkah Mengkonsumsi Jahe Hangat Bisa Mengobati Keputihan?”

Leave a Comment