Benarkah Akar Mawar Bisa Mengatasi Keputihan?

Benarkah Akar Mawar Bisa Mengatasi Keputihan?

Pasti semuanya tau dengan bunga mawar akan tetapi mungkin tidak dengan manfaatnya, dan mungkin Benarkah Akar Mawar Bisa Mengatasi Keputihan? Nah untuk mengetahui jawaban dari pertanyaan tersebut mari kita simak sama-sama ulasannya dalam artikel di bawah ini.

Benarkah Akar Mawar Bisa Mengatasi Keputihan

Mawar adalah suatu jenis tanaman semak dari genus Rosa sekaligus nama bunga yang dihasilkan tanaman ini. Mawar liar terdiri dari 100 spesies lebih, kebanyakan tumbuh di belahan bumi utara yang berudara sejuk. Spesies mawar umumnya merupakan tanaman semak yang berduri atau tanaman memanjat yang tingginya bisa mencapai 2 sampai 5 meter. Walaupun jarang ditemui, tinggi tanaman mawar yang merambat di tanaman lain bisa mencapai 20 meter.

Sebagian besar spesies mempunyai daun yang panjangnya antara 5–15 cm dengan dua-dua berlawanan (pinnate). Daun majemuk yang tiap tangkai daun terdiri dari paling sedikit 3 atau 5 hingga 9 atau 13 anak daun dan daun penumpu (stipula) berbentuk lonjong, pertulangan menyirip, tepi tepi beringgit, meruncing pada ujung daun dan berduri pada batang yang dekat ke tanah. Mawar sebetulnya bukan tanaman tropis, sebagian besar spesies merontokkan seluruh daunnya dan hanya beberapa spesies yang ada di Asia Tenggara yang selalu berdaun hijau sepanjang tahun.

Bunganya terdiri dari 5 helai daun mahkota dengan perkecualian Rosa sericea yang hanya memiliki 4 helai daun mahkota. Di antarawarna yang dimiliki oleh mawar adalah putih, merah muda, kuning dan biru pada beberapa spesies. Ovari berada di bagian bawah daun mahkota dan daun kelopak.

Bunga membuahkan buah agregat (berkembang berasal dari satu bunga bersama banyak putik) yang disebut rose hips. Masing-masing putik berkembang menjadi satu buah tunggal (achene), sedangkan kumpulan buah tunggal dibungkus daging buah terhadap bagian luar. Spesies bersama bunga yang terbuka lebar lebih mengundang kehadiran lebah atau serangga lain yang mendukung penyerbukan sehingga condong membuahkan lebih banyak buah. Mawar hasil pemuliaan membuahkan bunga yang daun mahkotanya menutup rapat sehingga menyulitkan penyerbukan. Sebagian buah mawar berwarna merah bersama lebih dari satu perkecualian layaknya Rosa pimpinellifolia yang membuahkan buah berwarna ungu gelap hingga hitam.

Ada lebih dari satu spesies layaknya Rosa canina dan Rosa rugosa membuahkan buah rose hips yang terlampau kaya bersama vitamin C lebih-lebih termasuk di pada sumber vitamin C alami yang paling kaya. Buah rose hips disukai burung pemakan buah yang mendukung penyebaran biji mawar bersama kotoran yang dikeluarkan. Beberapa type burung layaknya burung Finch termasuk memakan biji-biji mawar.

Pada biasanya mawar punya duri berwujud layaknya pengait yang berfaedah sebagai pegangan sewaktu memanjat tumbuhan lain. Beberapa spesies yang tumbuh liar di tanah berpasir di tempat pantai layaknya Rosa rugosa dan Rosa pimpinellifolia beradaptasi bersama duri lurus layaknya jarum yang kemungkinan berfaedah untuk mengurangi rusaknya akibat dimakan binatang, menghindar pasir yang diterbangkan angin dan menjaga akar berasal dari erosi. Walaupun sudah dilindungi duri, rusa kelihatannya tidak risau dan kerap mengakibatkan kerusakan tanaman mawar. Beberapa spesies mawar membawa duri yang tidak berkembang dan tidak tajam.

Mawar bisa dijangkiti lebih dari satu penyakit layaknya karat daun yang merupakan penyakit paling serius. Penyebabnya adalah cendawan Phragmidium mucronatum yang memicu kerontokan daun. Penyakit yang tidak begitu beresiko layaknya Tepung Mildew disebabkan cendawan Sphaerotheca pannosa, sedangkan penyakit Bercak Hitam yang ditandai munculnya bercak-bercak hitam terhadap daun disebabkan oleh cendawan Diplocarpon rosae. Mawar termasuk merupakan makanan bagi larva lebih dari satu spesies Lepidoptera.

Mawar tumbuh subur di tempat beriklim tengah kendati lebih dari satu kultivar yang merupakan hasil metode penyambungan (grafting) bisa tumbuh di tempat beriklim subtropis hingga tempat beriklim tropis.Selain sebagai bunga potong, mawar punya banyak manfaat, pada lain antidepresan, antiviral, antibakteri, antiperadangan, dan sumber vitamin C. Minyak mawar adalah salah satu minyak atsiri hasil penyulingan dan penguapan daun-daun mahkota sehingga bisa dibikin menjadi parfum. Mawar termasuk bisa dimanfaatkan untuk teh, jelly, dan selai.

Kandungan Dari Akar Mawar

Selain warna yang indah dan keharumannya, ternyata tanaman bunga mawar mengandung banyak zat yang sangat berguna bagi kesehatan tubuh manusia. Ada sebagian orang yang memanfaatkan mawar sebagai perawat kecantikan muka maupun tubuh. Sebab, di dalam mawar terdapat kandungan vitamin C yang bisa bermanfaat untuk meningkatkan produksi kolagen yang berfungsi menjaga elastisitas dan kelembaban kulit wanita remaja maupun dewasa. Namun, masih banyak masyarakat Indonesia yang belum mengetahui khasiat dari bunga mawar.

Selain memiliki vitamin C, di dalam bunga mawar juga terkandung zat yang bermanfaat diantaranya adalah zat tanin, geraniol, nerol, sitronelol, asam geranik, terpene, flavonoid, pectin, poliphenol, vanillin, karetonoid, stearopten, farnesol, eugenol, feniletilakohol, serta vitamin B, E, dan K. Dengan banyaknya kandungan yang terdapat di dalam bunga mawar, maka banyak pakar kesehatan yang menjadikan mawar sebagai bahan baku obat, antara lain sebagai aromaterapi, pelancar haid / menstruasi, menyembuhkan infeksi, membantu menyembuhkan sekresi empedu, menurunkan panas badan, sebagai antiseptic, menghilangkan keputihan pada wanita, menambah daya tahan tubuh, serta mengobati gigitan serangga berbisa.

Menurut pakar kesehatan, di di dalam tanaman bunga mawar terkandung antosian yang merupakan keliru satu zat pewarna alami dan dapat larut di di dalam air. Zat warna ini banyak digunakan sebagai bahan olahan, baik untuk makanan maupun minuman. Antosian akan lebih stabil terhadap suasana asam ketimbang suasana basa atau netral. Antosian tergolong senyawa flavonoid yang mempunyai manfaat sebagai antioksidan alami. Selain itu, antosian terhitung dapat menghentikan reaksi dan radikal bebas. Tidak ada unsur yang berbahaya di dalam mawar, sebabkan tanaman mawar lumayan aman untuk dimanfaatkan sebagai bahan dasar kecantikan dan kesehatan. Di negara Thailand, bunga mawar kerap diolah jadi bagian dari menu makanan andalan di lebih dari satu restoran. Guna menambah aroma minuman, daun dan kelopak bunga mawar yang sudah dikeringkan dapat dijadikan sebagai teh.

Dan Inilah Manfaat Akar Mawar Untuk Keputihan

Tanaman mawar terhitung tipe tanaman bunga yang punyai warna banyak ragam yang indah, dan sama juga dengan kesukaan kaum hawa. Bunganya, melambangkan kecantikan terhitung keromantisan. Maka tidak jarang terkecuali seorang pria menambahkan setangkai bunga mawar pada pujaan hatinya, wanita selanjutnya akan merasakan kebahagiaan yang tiada tara. Berbeda di dalam dunia kecantikan, mawar dikenal punyai peran yang sangat penting dan tidak benar satunya sebagai bahan alami untuk mempercantik kulit wajah.

Dalam dunia kesehatan, mawar juga digunakan sebagai salah satu bahan dasar yang berbentuk alami untuk pengobatan, diantaranya sebagai pengharum alami pada organ penting wanita, serta mengatasi keputihan tidak normal. Hanya saja, untuk penyembuhan keputihan yang sanggup digunakan hanya akarnya saja. Mengapa akar mawar dipilih sebagai obat keputihan dan apa yang mendasari hal tersebut? Dalam penjelasan sebuah artikel yang dilansir dari viva, tersedia beragam hal yang mendasari mengapa akar mawar dipilih sebagai tempat alami untuk penyembuhan penyakit keputihan. Secara menyeluruh, kegunaan dari akar mawar tidak hanya mengimbuhkan keharuman pada organ intim wanita, tapi juga bebas keputihan dan sudah pasti menjadikan pasangan semakin lengket!

Baca Juga : Manfaat Pisang Untuk Keputihan

Cara Mengolah Akar Mawar Untuk Keputihan

  • Anda sediakan akar tanaman mawar yang sudah Anda miliki.
  • Bersihkan akar mawar tersebut, cuci hingga bersih.
  • Kemudian rebus akar mawar bersama dengan air satu gelas sampai air tadi menyisakan setengah gelas.
  • Setelah itu diamkan dan tiriskan terlebih dahulu.
  • Saring airnya, dan minum air setengah gelas tadi setiap harinya.
  • Ramuan ini hanya untuk wanita yang mengalami keputihan yang sedang tidak hamil.
  • Wanita yang memiliki masalah pada sistem pencernaan juga perlu membatasi pemanfaatan ramuan tersebut.

Demikianlah cara memanfaatkan akar mawar untuk mengatasi dan mengobati keputihan. Anda bisa membuat ramuan tradisional ini dirumah Anda, kapanpun Anda mau…Selamat mencoba..

Nah jadi, Benarkah Akar Mawar Bisa Mengatasi Keputihan? Itu memang sangat bagus untuk anda gunakan akan tetapi mungkin perlu penelitian lebih lanjut oleh para ahli. Sementara itu untuk mengatasi keputihan itu sendiri, kini ada rekomendasi terbaik dari pakar kesehatan ternama Boyke Dian Nugraha yaitu dengan mengkonsumsi obat herbal kapsul Ladyfem. Ladyfem ini terbuat dari perpaduan tanaman herbal yang mempunyai khasiat bagus untuk mengatasi masalah kewanitaan sehingga mempunyai khasiat yang sangat bagus dan telah teruji klinis, selain itu anda tak usah khawatir karena ladyfem telah terdaftar di BPOM sehingga aman untuk anda konsumsi.

Nah untuk meyakinkan anda dengan keampuhan khasiat ladyfem silahkan kunjungi : Testimoni Kesembuhan Berkat Ladyfem.

Demikianlah artikel untuk kali ini, semoga informasi diatas bisa bermanfaat sehingga bisa mengatasi masalah keputihan yang terjadi pada setiap wanita.

Post by : Obat Keputihan

Artikel Menarik Lainnya :

Manfaat Biji Mangga Untuk Keputihan
Manfaat Biji Mangga Untuk Keputihan
Khasiat Biji Ketumbar Dalam Menuntaskan Keputihan
Khasiat Biji Ketumbar Dalam Menuntaskan Keputihan
Manfaat Kubis Untuk Turun Peranakan

1 thought on “Benarkah Akar Mawar Bisa Mengatasi Keputihan?”

Leave a Comment