Inilah Penyebab Keputihan Anda Berwarna Coklat

Inilah Penyebab Keputihan Anda Berwarna Coklat

Keputihan merupakan hal yang wajar terjadi pada wanita, karena kondisi alami ini sangat berfungsi untuk membersihkan dan melindungi vagina dari iritasi dan infeksi. Namun adakalanya seseorang sering merasakan kekhawatiran pada dirinya jika terjadi keputihan yang tidak normal seperti adanya keputihan yang berwarna coklat, akan tetapi anda jangan terburu khawatir sebaiknya anda mengenali dahulu penyebab dari keputihan tersebut dan untuk mengetahui hal tersebut mari kita sama-sama simak artikel Inilah Penyebab Keputihan Anda Berwarna Coklat di bawah ini.

Inilah Penyebab Keputihan Anda Berwarna Coklat

Meskipun keputihan berwarna coklat muda bisa saja menjadi jaringan endometrium tua yang tidak dikeluarkan sepanjang menstruasi terakhir, bercak coklat sering kadang bisa disebabkan oleh suasana medis layaknya vaginitis atau rahim polip. Berikut akan dijelaskan oleh pakar Biotechnology dari India Kalpana Kumari dari buzzledotcom.

Tentang penyebab, gejala yang terkait, dan pilihan pengobatan untuk discharge abnormal dan lebih dari satu tambahan pengobatan yang aku berikan. Pada artikel ini akan aku memberikan penjelasan terutama dahulu, untuk penyembuhan nya Anda dapat berkonsultasi segera pada aku dengan kontak yang tersedia di bawah artikel ini.

Keputihan mengacu pada cairan atau lendir yang disekresikan oleh dinding vagina dan leher rahim. Hal ini sanggup dikatakan normal seandainya tidak nampak sangat banyak. Bahkan, debit/keluaran ini melaksanakan kegunaan berarti membersihkan dan mengatur lingkungan vagina dengan membersihkan bakteri dan sel-sel kulit mati. Mekanisme self-cleansing ini sangat mutlak untuk menahan infeksi.

Interaksi pada hormon seks perempuan disebut estrogen dan progesteron terlebih bertanggung jawab untuk perubahan tubuh yang terjadi sepanjang fase yang berbeda berasal dari siklus menstruasi. Bahkan warna, tekstur, dan kuantitas debit/keluaran sanggup bervariasi, tergantung pada kala siklus. Misalnya, kuantitas debit/keluaran cenderung meningkat kala seorang wanita berovulasi. Meskipun sedikit bercak tidak sangat penyebab keprihatinan serius, konsultasikan dengan dokter kandungan jika Anda mengalami gejala-gejala lain yang serius.

Baca Juga : Apakah Keputihan Saat Hamil Dapat Berbahaya?

Penyebab Keputihan Berwarna Coklat

Berikut beberapa faktor penyebab keputihan berwarna coklat, diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Terlepasnya Jaringan Endometrium Tua

Pada wanita muda, sementara sebelum menstruasi tubuh mereka bisa saja mengeluarkan keputihan yang berwarna yang coklat. Hal itu disebabkan oleh terlepasnya jaringan endometrium yang sudah tua dikala menstruasi.

  • Adanya Polip Pada Rahim

Polip rahim termasuk sanggup menyebabkan keputihan berwarna coklat. Selain itu, gejala lainnya yang termasuk menyertai polip rahim adalah pendarahan sesudah terjalin intim atau darah menstruasi yang terlihat lumayan banyak.

  • Adanya Penyakit Menular Seksual

Keputihan berwarna coklat termasuk dapat jadi indikasi terdapatnya penyakit menular seksual, seperti kutil kelamin, gonore atau kencing nanah, klamidia, dan trikomoniasis. Gejala dari keadaan ini tidak hanya bersifat keputihan berwarna coklat saja sebenanya, namun ada gejala lainnya yang menyertai, seperti munculnya bau, ruam, perih dan gatal terhadap organ intim wanita. Kondisi ini memahami wajib beroleh penanganan yang tepat bersama dengan segera gara-gara berbahaya.

  • Pendarahaan yang disebabkan Oleh Implantasi Janin

Keputihan berwarna coklat mampu dipicu oleh proses penanaman sel telur yang udah dibuahi terhadap dinding rahim. Kondisi tersebut mampu memicu keputihan berwarna berlainan yakni merah, merah muda atau bahkan coklat muda, dan mampu jadi merupakan tanda awal kehamilan. Keputihan akibat segi ini masih tergolong normal dan mampu berlangsung selama 10-14 hari sesudah pembuahan terjadi. Dan artinya, selagi Anda tidak menstruasi sesudah terkait intim bersama dengan pasangan, maka jika Anda mengalami keputihan berwarna coklat barangkali itu adalah indikasi kehamilan.

  • Adanya Kanker Serviks

Keputihan berwarna coklat terhitung bisa menjadi isyarat kanker serviks. Kondisi ini mengerti terlampau berbahaya untuk setiap wanita, sebab sudah Anda ketahui terhitung bahwa kanker serviks merupakan tidak benar satu penyakit yang paling mematikan pada wanita. Namun Anda terhitung mesti menyimak tanda-tanda lain yang menyertai keadaan ini, yakni turunnya berat badan secara drastis, kelelahan yang berlebihan, nafsu makan yang menyusut dan sakit dibagian pinggul dan juga tungkai yang menyerang. Jika Anda sudah merasakan gejala-gejala tersebut, maka sebaiknya segeralah periksakan ke dokter untuk bisa memastikan keadaan Anda, dan bisa segera laksanakan tindakan penanganan yang tepat.

  • Adanya Atrofi Vaginitis

Kondisi ini terjadi sementara tubuh wanita kekurangan hormon esterogen. Pada keadaan atrofi vaginitis, organ intim wanita mengalami peradangan akibat kerusakan anggota jaringan otot dan memproses cairan lubrikasi yang menurun. Kondisi ini mungkin dapat menimbulkan sakit saat terjalin intim. Selain itu, tanda-tanda yang mungkin dirasakan adalah organ intim yang kering, perih dan mengeluarkan cairan keputihan yang berwarna coklat, atau dapat terhitung keputihan berwarna kuning dan berbau tak sedap. Kondisi ini pasti tidak normal, dan Anda wajib langsung berkonsultasi dengan dokter jika mengalami perihal tersebut.

Pengobatan Dan Pencegahan Pada Keputihan Berwarna Coklat

Pengobatan akan begitu banyak ragam tergantung pada penyebab yang mendasari. Misalnya, penyembuhan infeksi bakteri atau infeksi jamur akan melibatkan penggunaan antibiotik dan obat antijamur masing-masing (tidak direkomendasikan). Sementara terapi obat akan menopang untuk meringankan gejala, tersebut langkah-langkah pencegahan spesifik akan menopang menghambat terulangnya infeksi tersebut di masa depan.

  • Perempuan perlu sering membuat perubahan pembalut sepanjang menstruasi.
  • Jangan douche dikarenakan sanggup membuat perubahan pH vagina, supaya tingkatkan risiko infeksi.
  • Akan lebih baik memakai celana di dalam katun. Hindari memakai ketat, baju ketat yang terbuat berasal dari kain sintetis.
  • Selalu bersihkan dari depan ke belakang bersama jaringan non – wangi sesudah membuang air kecil atau membuang air besar.
  • Menahan diri dari manfaatkan membersihkan tubuh bersama wewangian atau sabun wangi untuk bersihkan tempat vagina. Akan lebih baik untuk manfaatkan pembersih non – wangi lembut dan air hangat untuk bersihkan tempat vagina.
  • Gunakan obat kapsul LADYFEM 2x di dalam sehari untuk mengatasi keputihan tersebut dan ladyfem merupakan solusi tepat untuk mengatasi keputihan sampai sembuh  tuntas, kecuali kondisi tersebut benar-benar parah dan tidak tahan. Pemakaian lebih lanjut konsultasikan bersama kami.

Baca Juga : Kandungan Luar Biasa Dari Ladyfem

Sedangkan kondisi tersebut bisa saja berada di balik debit/keluaran coklat muda, mengandalkan penilaian diri tidak pernah merupakan ide yang bijaksana ketika datang ke isu yang terkait dengan kesehatan reproduksi. Jadi, jangan berkonsultasi dengan dokter kandungan jika warna, konsistensi, dan bau debit/keluaran tampaknya abnormal.

Demikianlah artikel Inilah Penyebab Keputihan Anda Berwarna Coklat yang dapat kami sampaikan pada kesempatan kali ini, semoga apa yang telah kami sampaikan diatas bisa bermanfaat terutama bagi anda yang mengalami keputihan tersebut sehingga apa yang anda rasakan cepat teratasi sampai sembuh.

Post by : Obat Keputihan

Artikel Menarik Lainnya :

Bahaya Keputihan Berwarna Abu-abu pada Bakteri Vaginosis
Bahaya Keputihan Berwarna Abu-abu pada Bakteri Vaginosis
Inilah Cara Yang Tepat Untuk Menangani Turun Peranakan

1 thought on “Inilah Penyebab Keputihan Anda Berwarna Coklat”

Leave a Comment