Apakah Keputihan Saat Hamil Dapat Berbahaya?

Apakah Keputihan Saat Hamil Dapat Berbahaya?

Keputihan memang menjadi salah satu masalah wanita yang sering terjadi saat hamil. Tapi Apakah Keputihan Saat Hamil Dapat Berbahaya? Untuk mengetahui jawabannya, sebaiknya mari kita simak pembahasan lebih jelasnya berikut ini!

Apakah Keputihan Saat Hamil Dapat Berbahaya?

Keputihan menjadi masalah kesehatan yang hampir seluruh wanita pernah mengalaminya, termasuk mungkin anda. Tapi pada dasarnya, wanita mengalami keputihan itu adalah wajar, karena keputihan merupakan proses alami tubuh wanita untuk membersihkan organ kewanitaannya. Akan tetapi, keputihan yang normal tentu memiliki kriterianya. Meski demikian, keluarnya cairan putih agak kental dari vagina ini memang terkadang sangat mengganggu. Lalu, bagaimana jika keputihan ini terjadi saat hamil? Apakah ini masih bisa dibilang normal?

Penting untuk diketahui, keputihan terjadi karena salah satu kelenjar pada vagina menghasilkan suatu cairan yang berguna untuk membersihkan vagina itu sendiri. Cairan tersebut keluar dengan mengeluarkan sel mati dan bakteri yang terdapat pada vagina. Sehingga, dengan terjadinya aktivitas ini, vagina dapat terhindar dari serangan infeksi. Selain itu, aktivitas ini juga dapat melembapkan vagina. Tidak hanya berfungsi untuk membersihkan vagina saja.

Keputihan bisa dialami oleh wanita manapun. Keputihan juga masih bisa dialami wanita saat hamil. Bahkan frekuensi keputihannya meningkat dan termasuk bagian dari kehamilan. Tapi anda tidak perlu terlalu khawatir jika memang mengalaminya saat ini, karena hal itu masih terbilang normal.

Keputihan yang terjadi saat hamil masih memiliki fungsi yang sama dengan keputihan yang biasa, yaitu untuk membersihkan vagina dan melindunginya dari infeksi. Akan tetapi selama kehamilan, leher rahim atau serviks dan dinding vagina menjadi semakin lembut, serta produksi estrogen dalam tubuh dan aliran darah sekitar area vagina meningkat. Hal itulah yang menjadi penyebab keputihan saat hamil meningkat.

Keputihan bahkan masih bisa anda alami pada minggu-minggu akhir masa kehamilan. Tapi keputihan yang ini bisa jadi merupakan tanda-tanda kalau tubuh anda sedang mempersiapkan diri untuk persalinan. Selain itu, keputihan ini juga bisa jadi karena kepala janin yang menekan bagian serviks anda, sehingga keputihan yang dihasilkan pada akhir masa kehamilan ini sedikit berbeda dari biasa. Biasanya keputihan ini tampilannya berubah seperti telur putih, atau seperti lendir yang biasa anda keluarkan saat terserang batuk atau pilek.

Tapi perlu diketahui juga, meskipun keputihan saat hamil merupakan hal yang normal terjadi, bukan berarti tidak ada masalah jika mengalami keputihan saat hamil. Karena ada beberapa kondisi yang tetap harus diwaspadai, di antaranya :

  • Dari tampilannya, anda memiliki keraguan apakah cairan tersebut keputihan atau air ketuban.
  • Keputihan saat hamil yang anda alami terlihat seperti air, lendir, atau bahkan darah.
  • Keputihan saat hamil yang anda alami disertai gejala seperti gatal, nyeri, panas, bahkan bibir vagina terlihat seperti meradang.
  • Keluarnya cairan berwarna putih keabu-abuan yang beraroma amis setelah berhubungan seksual.
  • Keputihan yang anda alami berwarna kuning atau bahkan hijau disertai bau tidak sedap.

Jika anda mengalami keputihan dengan gejala demikian saat hamil, sebaiknya segera periksakan ke dokter untuk mengetahui kondisi sebenarnya. Jika keputihan saat hamil yang anda alami adalah keputihan normal, ada beberapa tips yang bisa anda lakukan untuk menjaga kebersihan vagina, di antaranya :

  • Saat dibersihkan, selalu usap area vagina dari depan ke belakang.
  • Hindari penggunaan celana yang terlalu ketat dan paparan cairan maupun spray beraroma pada vagina.
  • Sebaiknya, gunakan celana dalam dengan bahan katun.
  • Jaga area kemaluan tetap kering.
  • Ganti celana dalam saat terasa lembab.

Jadi, Apakah Keputihan Saat Hamil Dapat Berbahaya? Semuanya sudah dijelaskan dalam bahasan di atas. Sementara itu, untuk mengatasi keputihan tidak normal, ada rekomendasi yang bagus dari pakar kesehatan reproduksi ternama Indonesia – Boyke Dian Nugraha – yaitu kapsul Ladyfem yang sudah teruji dan terbukti khasiatnya, sudah banyak testimoninya, dan juga sudah terdaftar di BPOM RI.

Baca Juga : OBAT KEPUTIHAN

Cara Pemesanan Ladyfem

Untuk mengetahui informasi lebih lanjutnya, atau jika anda ingin berkonsultasi, silahkan hubungi kontak dibawah ini :

Telp : (0265) 341113

Telp : 085 793 507 222

SMS/WA/Telp : 085 320 000 874

PIN BB : 25C274D1

Line : zahraherbal

IG : toko_zahraherbal

 

Baca artikel menarik lainnya :

Bahaya Keputihan Berwarna Abu-abu pada Bakteri Vaginosis
Bahaya Keputihan Berwarna Abu-abu pada Bakteri Vaginosis
Kenali Disini Keputihan Tidak Normal Saat Hamil
Kenali Disini Keputihan Tidak Normal Saat Hamil
Cara Pemesanan Ladyfem
Cara Membeli Herbal Ladyfem
Mengenal Lebih Jauh Tentang Mastektomi Kanker Payudara

1 thought on “Apakah Keputihan Saat Hamil Dapat Berbahaya?”

Leave a Comment