Gejala Keputihan Tidak Normal

Gejala Keputihan Tidak Normal

Penting untuk para wanita mengetahui Gejala Keputihan Tidak Normal. Sebab keputihan abnormal merupakan masalah yang sangat mengganggu, bahkan keputihan abnormal atau keputihan tidak normal bisa menjadi pertanda adanya penyakit serius yang melatarbelakanginya. Oleh karena itu, simak pembahasan berikut ini mengenai gejala keputihan abnormal!

Gejala Keputihan Tidak Normal

Keputihan adalah keluarnya cairan tubuh dari vagina. Keputihan, secara alami memang terjadi pada saat seorang wanita mengalami perubahan sesuai dengan siklus menstruasi. Biasanya cairan yang keluar berupa cairan kental dan lengket pada seluruh siklus, namun lebih cair dan bening ketika terjadi ovulasi.

Ada beberapa faktor yang masih dianggap wajar bila wanita mengalami keputihan. Keputihan lebih banyak terjadi pada saat stres, kehamilan, atau aktivitas seksual. Namun, waspadalah jika keputihan yang terjadi adalah keputihan patologis atau keputihan tidak normal. Keputihan tidak normal ini biasanya disebabkan oleh infeksi dan non-infeksi. Lalu seperti apakah gejala keputihan yang tidak normal ini? Berikut ini akan kita jelaskan.

Warna berubah

Jenis keputihan yang patut diwaspadai adalah adanya perubahan warna. Keputihan yang normal itu berwarna bening keputihan, namun jika berubah warna maka kemungkinan besar keputihan yang dialami berbahaya. Keputihan tidak normal terjadi karena penyakit, infeksi, kelainan hormon atau yang lainnya sehingga keputihan anda memiliki warna berubah. Warna keputihan tidak normal di antaranya adalah :

  • Keputihan berwarna coklat dan tercampur dengan darah
  • Keputihan yang berwarna kuning
  • Keputihan berwarna kehijauan dan berbau busuk
  • Keputihan yang berwarna pink
  • Keputihan berwarna putih susu dan kental
  • Keputihan berwarna abu-abu dan berbau amis

Intensitas kekentalan tinggi

Selain warna keputihan yang berubah, gejala keputihan juga ditandai dengan kekentalan dari cairan keputihan itu sendiri yang semakin kental. Keputihan memiliki fisik yang tampak seperti seperti keju yang meleleh. Cairan ini keluar karena adanya infeksi, seperti infeksi jamur. Jamur menyukai tempat yang lembab, hangat dan gelap tentu saja jamur suka hinggap di daerah vagina yang lembab.

Memiliki tekstur lengket

Jika keputihan anda bertekstur lengket tapi tidak menimbulkan aroma apapun dan tidak gatal, maka keputihan tersebut masih tergolong normal. Tapi jika keputihan lengket, berbau tidak sedap, dan menimbulan gatal, maka sebaiknya segera konsultasikan dengan dokter.

Menggumpal

Jika keputihan anda seperti jelly yang mengeras, itu juga menjadi pertanda keputihan yang anda alami tidak normal. Keputihan yang menggumpal ini juga membuat celana dalam anda menjadi sulit dibersihkan. Karena keputihan yang menggumpal ini memiliki warna yang tidak bening dan sedikit pekat dari keputihan yang normal.

Jumlah keputihan berlebih

Cairan keputihan normal pada umumnya sedikit, tidak terlalu banyak. Nah, jika cairan keputihan yang anda alami banyak bahkan melebihi jumlah darah pada saat haid, maka anda patut waspada. Segera konsultasikan dengan dokter, jangan ditunda-tunda! Karena bisa saja hal tersebut adalah tanda penyakit berbahaya.

Keputihan mengeluarkan busa

Biasanya, jika keputihan berbusa maka akan disertai bau tidak sedap. Penyebab keputihan berbusa adalah penyakit menular seksual gonore. Penderita penyakit ini harus segera berkonsultasi dengan dokter spesialis. Karena bahaya gonore sangat tinggi dan berakibat fatal. Selain itu, keputihan yang berbusa juga bisa disebabkan jamur. Vagina yang lembab adalah tempat yang sempurna bagi jamur untuk singgah dan berkembang biak.

Berbau tidak sedap

Karena keputihan berasal dari sel telur yang meluruh, maka keputihan berbau amis seperti bau telur. Hal tersebut menandakan kesuburan wanita. Namun jika keputihan anda berbau busuk yang sangat menyengat atau berbau tidak sedap, maka itu pertanda keputihan tidak normal yang disebabkan oleh gangguan penyakit kelamin yang berbahaya.

Vagina terasa gatal dan perih

Gatal memang biasa terjadi pada semua kasus keputihan, baik itu keputihan normal maupun yang abnormal. Tapi bedanya, gatal pada keputihan normal tidak berlangsung lama. Sementara keputihan yang disebabkan bakteri, virus, atau parasit akan menyebabkan area vagina terasa gatal dan perih. Bakteri dan virus penyebabnya di antaranya adalah :

  • Jamur candida.
  • Parasit trichoma vaginalis.
  • Bakteri gardnella.
  • Virus condyloma.

Disertai nyeri

Jika anda mengalami keputihan yang disertai nyeri di bagian panggul maka bisa jadi itu adalah tanda penyakit kelamin yang serius. Segera konsultasi ke dokter agar diketahui penyebabnya, karena bisa juga nyeri panggul hanya disebabkan kelelahan.

Gejala Keputihan Tidak Normal yang telah disebutkan di atas bisa anda kenali baik-baik, agar jika suatu saat anda mengalami hal yang sama dengan gejala-gejala di atas, maka anda bisa segera memeriksakannya ke dokter untuk memastikannya, sebelum kondisinya bertambah buruk.

Sementara itu, untuk mengatasi keputihan tidak normal, ada rekomendasi yang bagus dari pakar kesehatan reproduksi ternama Indonesia – Boyke Dian Nugraha – yaitu kapsul Ladyfem yang sudah teruji dan terbukti khasiatnya, sudah banyak testimoninya, dan juga sudah terdaftar di BPOM RI.

Baca Juga : OBAT KEPUTIHAN

Obat Keputihan

Untuk mengetahui informasi lebih lanjutnya, atau jika anda ingin berkonsultasi, silahkan hubungi kontak dibawah ini :

Telp : (0265) 341113

Telp : 085 793 507 222

SMS/WA/Telp : 085 320 000 874

PIN BB : 25C274D1

Line : zahraherbal

IG : toko_zahraherbal

 

Baca artikel menarik lainnya :

Penyebab Keputihan Berlebihan
Penyebab Keputihan Berlebihan
Cara Pemesanan Ladyfem
Cara Pemesanan Ladyfem
Obat Keputihan
Kandungan Ladyfem
Tanda Tanda Orang Menderita Turun Peranakan

1 thought on “Gejala Keputihan Tidak Normal”

Leave a Comment