Penyebab Keputihan Berlebihan

Penyebab Keputihan Berlebihan

Anda mengalami keputihan yang berlebihan? Mau tau Penyebab Keputihan Berlebihan apa? Dalam kesempatan ini kita akan bahas bersama-sama mengenai penyebabnya tersebut. Untuk itu, simak pembahasan lengkapnya berikut ini!

Penyebab Keputihan Berlebihan

Sebelumnya perlu kita ketahui bahwa keputihan adalah hal normal yang dialami wanita, karena pada dasarnya keputihan merupakan proses alami tubuh yang bertujuan untuk membersihkan vagina dan berfungsi sebagai pelumas alami vagina untuk melindunginya dari infeksi dan iritasi. Namun meski demikian, keputihan juga bisa menjadi pertanda adanya masalah kesehatan yang menyerang area kewanitaan. Dan tentunya keputihan normal dengan keputihan tak normal memiliki perbedaannya. Lalu bagaimana dengan keputihan yang berlebihan? Apakah keputihan berlebihan normal? Dan apa penyebab keputihan yang berlebihan pada wanita?

Keputihan yang berlebihan bisa terjadi saat keputihan normal maupun keputihan tak normal yang disebabkan penyakit atau masalah kesehatan. Dan berikut inilah penjelasannya.

Penyebab keputihan berlebihan pada keputihan normal

Jumlah, konsistensi, dan warna dari keputihan normal yang dialami tiap wanita berbeda-beda. Dan cairan vagina yang keluar pun dapat dipengaruhi oleh kondisi lainnya, seperti haid, menopause, serta penggunaan kontrasepsi. Keputihan normal yang keluar bisa menjadi lebih banyak saat wanita dalam masa subur, saat hamil, saat menyusui, termasuk saat wanita terangsang secara seksual. Dan kebanyakan wanita mengalami keputihan berlebihan saat masa subur. Hal itu normal terjadi, karena perubahan hormonal tubuh yang dipengaruhi oleh hormon estrogen dan progesteron.

Sementara itu, saat wanita mengalami menopause, keputihan akan menjadi lebih sedikit sehingga dapat terjadi kekeringan di vagina. Dan berikut ini penjelasan mengenai cairan vagina saat siklus menstruasi :

  • Hari 1-5: saat haid sedikit sekali keputihan yang mungkin muncul.
  • Hari 6-8: jumlah hormon estrogen di dalam tubuh menurun, sehingga cairan menjadi lebih kental, berwarna putih, dan dapat pula masih disertai sedikit darah sisa haid.
  • Hari 9-12: menuju masa subur, jumlah estrogen di dalam tubuh meningkat. Tekstur cairan vagina menjadi creamy seperti losion dan jumlahnya pun bertambah banyak.
  • Hari 13-14: ovulasi atau masa subur. Cairan vagina yang keluar akan mirip dengan putih telur, yaitu jernih, licin, lengket, dan banyak. Hal ini untuk membantu memudahkan sperma bertemu dengan sel telur.
  • Hari 15-28: hormon progesteron meningkat. Cairan kembali menjadi kental dan semakin lama akan semakin sedikit hingga perlahan menghilang.

Namun, perlu diingat juga bahwa jika hanya disebabkan oleh masa subur, maka keputihan normal tidak akan disertai dengan keluhan lain seperti bau yang tak sedap, perubahan warna, ataupun rasa gatal pada area kewanitaan.

Penyebab keputihan berlebihan pada keputihan abnormal

Keputihan memang dapat menjadi pertanda adanya gangguan atau infeksi. Keputihan ini disebut dengan istilah keputihan patologis. Dan tanda keputihan patologis ini di antaranya adalah keputihan yang keluar berlebihan, berubah warna atau konsistensi, disertai bau tak sedap, gatal, nyeri panggul, nyeri saat berhubungan seksual, ataupun nyeri saat buang air kecil. Dan berikut ini adalah beberapa penyebab keputihan berlebihan pada keputihan abnormal :

  • Infeksi jamur

Pertumbuhan jamur di vagina dapat menyebabkan infeksi jamur dengan gejala keputihan berwarna putih susu  yang berlebihan, serta bergumpal-gumpal. Infeksi ini membutuhkan pengobatan antijamur.

  • Infeksi menular seksual

Keputihan yang berlebihan dapat disebabkan oleh infeksi gonore atau klamidia. Infeksi ini terjadi akibat melakukan seks tanpa pengaman dengan pasangan yang terinfeksi, terutama jika terdapat riwayat sering berganti pasangan seksual. Gejalanya ialah keputihan berlebihan yang disertai bau amis atau menyengat, serta gatal dan rasa terbakar di vagina. Infeksi ini membutuhkan pengobatan antibiotik.

  • Alergi

Penggunaan sabun pembersih vagina, pelumas, kondom dan lain sebagainya dapat menyebabkan alergi pada sebagian wanita. Jika Anda mengalami alergi pada vagina, maka dapat muncul pula keputihan berlebihan sebagai respons dari tubuh. Oleh sebab itu, hentikan penggunaan alat-alat tersebut bila ada tanda alergi dan segera periksakan ke dokter.

  • Penggunaan AKDR

Alat kontrasepsi dalam rahim (AKDR) merupakan alat kontrasepsi yang langsung dimasukkan ke dalam rahim. Terkadang, penggunaan AKDR dapat menyebabkan keputihan berlebihan. Hal ini disebabkan respons tubuh terhadap benda asing. Selama keputihan tidak disertai bau, perubahan warna, nyeri panggul atau gatal, Anda tak perlu khawatir.

Jika anda mengalami keputihan berlebihan, jangan langsung panik karena pada dasarnya ini adalah hal yang normal terjadi. Namun, jika keputihan berlebihan itu disertai dengan perubahan warna dan konsistensi, bau tak sedap, gatal atau rasa terbakar, dan nyeri, maka segera kunjungi dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Itulah Penyebab Keputihan Berlebihan pada keputihan normal maupun keputihan abnormal. Sebagai pencegahan, jagalah kebersihan vagina, gunakan pakaian dalam berbahan katun, gunakan juga pakaian yang tidak ketat, serta bersihkan vagina dengan cara yang benar, yakni dari arah depan ke belakang. Begitu juga cara membersihkan setelah buang air kecil dan buang ari besar (BAB).

Sementara itu, untuk mengatasi keputihan berlebihan dan keputihan abnormal, ada rekomendasi yang bagus dari pakar kesehatan reproduksi ternama Indonesia – Boyke Dian Nugraha – yaitu kapsul Ladyfem sudah teruji dan terbukti khasiatnya, serta sudah terdaftar di BPOM RI.

Obat Keputihan

Untuk mengetahui informasi lebih lanjutnya, atau jika anda ingin berkonsultasi, silahkan hubungi kontak dibawah ini :

Telp : (0265) 341113

Telp : 085 793 507 222

SMS/WA/Telp : 085 320 000 874

PIN BB : 25C274D1

Line : zahraherbal

IG : toko_zahraherbal

Posted by : Admin OBAT KEPUTIHAN

 

Baca artikel menarik lainnya :

Cara Pemesanan Ladyfem
Cara Pemesanan Ladyfem
Legalitas Dan Bukti BPOM Ladyfem Herbal
Legalitas Dan Bukti BPOM Ladyfem Herbal
Obat Keputihan
Khasiat Ladyfem
Legalitas Dan Bukti BPOM Herbal Ace Maxs

1 thought on “Penyebab Keputihan Berlebihan”

Leave a Comment